Bedah Buku Karakter 360

Bedah Buku Karakter 360

Lama sudah tidak berjumpa, Perpustakaan Kementerian PUPR kini hadir menyapa lewat acara bedah buku. Dan buku yang dibedah adalah ….. jreng-jreng…. “My Public Speaking” karangan Hilbram Dunar. Yup, Hilbram Dunar yang itu, yang penyiar radio sekaligus sering wira-wiri di berbagai acara motivasi di layar televisi.

Ngapain juga sih Perpustakaan Kementerian PUPR memilih tema public speaking ini? Well, Hilbram Dunar juga bilang pada saat awal acara. “Banyak yang bilang saya ini cuma modal omong doang” tuturnya dengan gayanya yang khas. “Padahal saya bukan sekedar omong, tapi juga dibayar….”, lanjutnya lagi disambut gelak tawa dan tepuk tangan peserta bedah buku. Setidaknya dari pembukaan sudah kelihatan jelas manfaat public speaking ini bukan?

Kepala Biro Komunikasi Publik, Kementerian PUPR, Velix Wanggai sendiri dalam sambutannya menyatakan bahwa komunikasi publik menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Hal ini terlihat dari instruksi langsung kepada kepada jajaran humas kementerian, lembaga non-kementerian dan BUMN agar memiliki kecepatan dalam merespon dan memberikan informasi, terutama atas capaian dan terobosan kebijakan pemerintah.

Hal tersebut tentunya bisa dilaksanakan bila didukung kemampuan sumber daya manusia yang handal dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Salah satu yang terutama adalah kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking. Kemampuan public speaking ini mutlak harus dikuasai oleh dari level teratas hingga level terbawah tim humas.

 Berangkat dari hal tersebut, maka Perpustakaan Kementerian PUPR sebagai bagian dari tim komunikasi publik Kementerian PUPR memfasilitasi sebuah acara yang diharapkan bisa meningkatkan kapasitas public speaking tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, pada akhirnya bisa lebih menggemakan upaya komunikasi publik kepada masyarakat umum terkait tugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yaitu menyediakan Infrastruktur untuk Negeri. Foto bisa dilihat di https://www.facebook.com/perpustakaankementerianpupr

Berbagi