Bedah Buku: Super Speed Reading

Bedah Buku: Super Speed Reading

Rupa-rupanya hari itu Kamis, 20 Agustus 2015 sedang berlangsung acara bedah buku “Super Speed Reading, Metode Lengkap dan Praktis untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca”. Terkesan janggal, karena biasanya nama Kementerian PUPR identik dengan hal-hal yang bersifat teknik, tiba-tiba bisa mengadakan bedah buku dengan tema membaca cepat. Mungkin itu yang sempat terlintas di benak pembaca sekalian.

Hal itu justru disengaja, karena acara bedah buku ini dimaksudkan sebagai ajang promosi tentang Perpustakaan Kementerian PUPR kepada masyarakat luas sehingga dipilih tema buku yang bersifat umum. Bagi pegawai Kementerian PUPR sendiri acara ini cukup berguna untuk media penyegaran karena nyaris setiap hari bersinggungan dengan bidang keteknikan.

Adapun pengarang sekaligus pembicara dalam kegiatan bedah buku ini adalah Bapak Irwan Widiatmoko, atau lebih terkenal dengan sebutan MR. SGM dan dimoderatori oleh Ika Citra Ramadhani. Acara ini sendiri dibuka oleh Kepala Biro Komunikasi Publik, Velix Wanggai yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu ciri era informasi adalah kebutuhan akan berbagai sumber informasi, memilih dan memahami informasi yang berguna. Diharapkan dengan membaca buku tersebut, maka pembacanya dapat menguasai teknik membaca cepat, informasi bisa diperoleh dengan cepat dan tepat, sesuai slogan Kementerian PUPR “bekerja keras, bergerak cepat, dan bertindak tepat”.

Acara tersebut berlangsung cukup meriah. Hal ini terlihat dari banyaknya undangan yang hadir sekitar 150 orang, berasal dari pegawai di lingkungan Kementerian PUPR, mahasiswa dari Perguruan Tinggi Universitas Indonesia dan Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna, serta pustakawan dari Kementerian/ Lembaga lain. Antusias para peserta sangat tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya penanya yang ingin menanyakan seputar teknik membaca yang menurut mereka sangat penting dalam rangka menghadapi era informasi seperti sekarang ini.

Sedikit berbeda dengan kegiatan bedah buku lain, acara ini berlangsung interaktif dan menghibur dengan diselingi simulasi teknik membaca cepat dalam bentuk contoh-contoh, kuis dan permainan. Adapun dalam paparannya, narasumber membahas beberapa hal diantaranya tentang cara meninggalkan kebiasaan membaca yang tidak efektif, manfaat dan faktor yang mempengaruhi dalam membaca cepat, cara menghitung kecepatan baca anda, meningkatkan pemahaman dalam membaca cepat, latihan gerak mata yang menunjang kecepatan baca, tips dalam membaca baik buku maupun koran/majalah, dan masih banyak lagi.

Berbagi