KOLEKSI BUKU TERBARU

Percakapan Sulit Jadi Mudah

POLING

Menurut Anda, apakah tampilan web Perpustakaan ini perlu diperbaharui?
  • Perlu, tampilan kuno
  • Tidak Perlu, sudah bagus
 

Resensi Buku

Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Publik "Kiat dan Terobosan Kabupaten/ Kota"

Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Publik "Kiat dan Terobosan Kabupaten/ Kota"
Salah satu hal yang menginspirasi penulisan buku ini adalah adanya tekad yang bulat dalam mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik, yaitu dengan merangkum pengalaman berbagai daerah yang maju pelayanan publiknya .

Dalam buku ini penulis menyebutkan bahwa maksud dari disusunnya pedoman ini adalah untuk : 1) mendorong pemerintah kabupaten/ kota yang belum memaksimalkan pelayanan publik untuk mempelajari, mencontoh, mengadaptasi dan mengembangkan pola-pola keberhasilan daerah lain yang dianggap berhasil dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, 2) memberikan gambaran bagi para investor tentang kemudahan dan pilihan berinvestasi di kabupaten/ kota, 3) mengajak masyarakat setempat untuk bersama pemerintah kabupaten/ kota menyemangati, mengawal, dan mengawasi upaya peningkatan pelayanan publik dalam rangka kepemerintahan yang baik.

Buku yang cukup menarik dan dikupas secara tuntas ini menguraikan bagaimana beberapa daerah (yaitu Kabupaten Sragen, Kabupaten Sidoarjo, Kota Parepare, Kota Balikpapan, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Jembrana) berupaya mengatasi berbagai permasalahan pelayanan publik melalui gagasan-gagasan yang dirumuskan dalam bentuk kebijakan, strategi dan program. Diuraikan juga berbagai tahapan menuju perbaikan dan sekilas gambaran keadaan, masalah dan gagasan untuk memecahkan masalah tersebut. Disamping itu diuraikan juga tinjauan tentang dasar hukum dari pelayanan publik, pelimpahan kewenangan menyangkut pelayanan perijinan dan non perijinan, serta sistem pengelolaan keuangan, sehingga memajukan daerah-daerah tersebut dalam meniti kemandirian dan kesejahteraan yang lebih baik.

Pada awalnya daerah-daerah tersebut memiliki permasalahan pelayanan publik seperti daerah-daerah lain, bahkan sebagian harus merangkak dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan APBD yang (relatif) kecil. Didorong dan dimotivasi keinginan untuk maju dalam penyelenggaraan pemerintahan, mereka berhasil meningkatkan kualitas pelayanan publik secara menyeluruh. Kenerhasilan tersebut melejit dalam aktivitas tertentu, seperti dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penerimaan pajak, penyerapan tenaga kerja, pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan, serta pelayanan kesehatan.

Adapun kelebihan dari buku ini adalah runtunnya penulisan dari awal sampai akhir. Selain itu dalam buku ini juga dilengkapi dengan kesimpulan baik kesimpulan secara umum maupun kesimpulan khusus tiap daerah. Dan untuk lebih melengkapi pengetahuan pembaca, penulis juga melengkapinya dengan lampiran-lampiran yang dapat  dibaca dan dipahami pembaca diakhir penulisan ini setelah kesimpulan.

Berikan komentar anda mengenai informasi di atas

Sedang Mengirim ...
Nama Lengkap*
:
Email*
:
(email anda tidak akan ditampilkan)
Komentar*
:
(Max. 300 Karakter)
Kode Sekuriti*
:
Masukan kode XXXX pada kotak ini

Ada beberapa error pada formulir ini:

* harus diisi
 

Belum ada komentar untuk informasi ini, silahkan tulis komentar anda

Kirim informasi ini ke email teman-teman anda

Sedang Mengirim ...
Nama Lengkap*
:
Email Anda*
:
Email Teman 1*
:
Email Teman 2
:
Email Teman 3
:
Catatan
:
Kode Sekuriti*
:
Masukan kode XXXX pada kotak ini

Ada beberapa error pada formulir ini:

* harus diisi