Manajemen Peralatan Berat Untuk Jalan

Manajemen Peralatan Berat Untuk Jalan

Ir. Riduan R.Amin, M.T.

Pelaksaan pekerjaan “Kebinamargaan”, khususnya proyek pekerjaan jalan yang banyak mempergunakan peralatan berat (Capital Intensive), tentu memerlukan penanganan secara cermat. Faktor sumber daya manusialah yang menentukan berhasil atau gagalnya pekerjaan tersebut. Kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam hal memanfaatkan teknologi peralatan berat, yaitu tentang bagaimana cara mengelola perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan koordinasi proyek pekerjaan jalan, menggagas proyek hingga selesai. Sehingga, proyek yang dilaksanakan benar-benar sesuai dengan target yang diharapkan yaitu tepat biaya, tepat mutu, dan tepat waktu.

Buku ini membahas contoh-contoh perhitungan alat berat dengan standar “Analisa Binamarga”, mulai dari peralatan utama seperti Asphalt Mixing Plant (AMP), Stone Crusher (SC), serta peralatan penunjang seperti Excavator, Bulldozer, Motor Grader, Wheel Loader, Three Wheel Roller, Vibrator Roller, Asphalt Finisher, Dump Truck and Water Tanker Truck.

Buku ini juga menyajikan informasi mengenai pekerjaan pengawasan dan perhitungan produktivitas alat berat, serta perhitungan produktivitas peralatan berat, serta perhitungan harga satuan peralatan berat yang sering digunakan pada proyek jalan khususnya berkaitan dengan proyek pekerjaan pembukaan jalan baru atau peningkatan jalan.(fitri) 

Berbagi