Pedestrian Zones: Car Urban Spaces

Pedestrian Zones: Car Urban Spaces

Kota dan lalu lintas merupakan dua hal yang selalu berkaitan. Kendaraan, masyarakat, kegiatan perdagangan juga terus bergerak tanpa henti memadati jalan di perkotaan. Dengan demikian, kualitas dari perkotaan yang modern juga ditentukan oleh ketersediaan ruang kota yang bebas lalu lintas dan nyaman. Dalam konteks ini, merupakan sebuah ruang yang secara khusus diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Berawal dari kebutuhan untuk menciptakan sebuah ruang yang nyaman dalam hiruk pikuk kota yang padat, ruas pejalan kaki yang ditampilkan pada buku ini membetuk dan menyatu dengan kota lebih baik dari sebelumnya. Keberadaannya tidak lagi terbatas pada kawasan yang diperuntukkan bagi wisata belanja namun meluas pada kegunaan lainnya. Dalam perkembangannya bahkan pembangunan ruas pejalan kaki diperluas dan diintegrasikan dengan kawasan terbuka hijau yang menjadi sarana rekreasi, atau konsep yang memperkaya ruang bebas lalu lintas dengan seni dan budaya.

Buku ini merupakan buku yang menyajikan studi kasus keberadaan ruas pejalan kaki pada kota yang ada di beberapa negara maju di dunia. Buku ini juga menyampaikan gambaran dan ilustrasi dari ragam bentuk ruas pejalan kaki yang mungkin akan dibuat dan alasannya mengapa ruas tersebut cocok diaplikasikan pada kota-kota saat ini.

Berbagi