Bedah Buku "Infrastruktur Meningkatkan Daya Saing"

Bedah Buku "Infrastruktur Meningkatkan Daya Saing"

Perpustakaan Kementerian PUPR Kembali menyelenggarakan acara Bedah Buku . Pada 10 Mei 2019, acara Bedah Buku “Infrastruktur Meningkatkan Daya Saing” dilaksanakan di Ruang Auditorium Kementerian PUPR. Buku ini merupakan ini merupakan buah karya dari Bapak Menteri PUPR, maka yang menjadi narasumber dalam acara Bedah Buku ini adalah Bapak Basuki Hadimuljono. Selain kegiatan diskusi yang menjadi inti dari acara, Bedah Buku kali ini juga diisi dengan launching buku “Profil Keterbukaan Informasi Publik : Memantapkan Pondasi, Memacu Kinerja” sebagai komitmen Kementerian PUPR terhadap amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Acara Bedah Buku dibuka dengan sambutan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bapak Basuki Hadimuljono.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kementerian PUPR menargetkan peringkat daya saing infrastruktur Indonesia berada di peringat 40 global dunia. Target ini tidaklah terlalu muluk setelah melihat data dari Global Competitiveness Index yang menunjukkan indeks daya saing infrastruktur Indonesia pada 2017-2018 berada di urutan ke-52. Posisi tersebut menanjak 10 peringkat dari periode 2015-2016 yang masih berada di urutan ke-62.

Lebih lanjut Bapak Menteri menyampaikan, terkait dengan isu ini, pembangunan infrastruktur sebagai prioritas utama merupakan pilihan yang logis dan strategis dalam meningkatkan daya saing Indonesia. Infrastruktur merupakan kunci sebagai pengungkit tumbuhnya sendi-sendi perekonomian yang lain. Dalam acara bedah buku kali ini lah diharapkan kita semua dapat saling bertukar pikiran serta insight yang segar untuk dapat diaplikasikan kedepannya. Bapak Menteri berharap melalui acara bedah buku ini, diharapkan dapat menumbuhkan inspirasi terkait dengan isu yang akan dibahas khususnya bagi CPNS dan PNS generasi muda.

Acara bedah buku “Infrastruktur Meningkatkan Daya Saing” ini berlangsung cukup meriah. Hal ini terlihat dari banyaknya undangan yang hadir sekitar 250 orang, berasal dari pegawai di lingkungan Kementerian PUPR pusat dan  perpustakaan daerah di lingkungan Kementerian PUPR. Antusiasme tidak hanya terlihat dari para peserta tapi juga dari perwakilan PNS Muda angkatan tahun 2017 dan CPNS angkatan tahun 2018. Hal ini terlihat dari argumen yang diucapkan selama diskusi berlangsung, semangat serta rasa bangga yang tampak dikala mereka dapat satu panggung berdiskusi oleh Bapak Menteri.

Peserta yang hadirpun tidak kalah berantusias. Peserta acara ini juga diperbolehkan megajukan pertanyaan ataupun komentar terhadap topik pembahasan yang membuat acara semakin seru. Banyak pula dari peserta yang bersemangat mengambil gambar dari acara ini.

Secara keseluruhan acara Bedah Buku ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Kegiatan Bedah Buku ini juga meriah dan interaktif karena diselingi dengan candaan dan cerita mengenai pengalaman menarik dari para peserta diskusi.

Berbagi