Bedah Buku "Manajemen Pelaksanaan Bendungan Tipe Urugan"

Bedah Buku "Manajemen Pelaksanaan Bendungan Tipe Urugan"

Kementerian PUPR telah menerbitkan buku yang berjudul “Manajemen Pelaksanaan Bendungan Tipe Urugan”. Keberadaan buku ini adalah untuk menjawab kelangkaan refrensi berbahasa Indonesia tentang konstruksi bendungan, khususnya bendungan tipe urugan. Bendungan tipe urugan sendiri adalah bendungan yang dibangun dengan cara menimbun bahan-bahan seperti batu, kerakal, kerikil, pasir dan tanah pada komposisi tertentu dengan fungsi sebagai pengempang atau pengankat permukaan air sehingga terbentuk adanya tampungan (waduk) di sebelah hulunya.

Perpustakaan Kementerian PUPR tentunya tidak ingin melewatkan momentum terbitnya buku ini. Pada Selasa 26 November 2019, Perpustakaan Kementerian PUPR menyelenggarakan acara bedah buku “Manajamen Pelaksanaan Bendungan Tipe Urugan” karya Ir.Soeradji, Dipl.HE, Ir.Adi Sarwoko, Dipl.HE, DR.Ir.Djaya Murni Warga Dalam, Dipl.HE, dan Ir.Bambang Risanto Kustjahyono, CES. Dikarenakan khusunya topik dari pembahasan buku ini, maka peserta yang hadir pada acara ini merupakan peserta undangan yaitu mahasiswa dari beberapa Universitas dan Sekolah Tinggi Teknik di Jakarta. Peserta yang hadir adalah perwakilan dari Universitas Tri Sakti, STT Sapta Taruna, dan Universitas Negeri Jakarta.

Setelah acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa, Pemutaran Video Profil serta Laporan Panitia Penyelenggara, acara inti bedah buku ini pun dimulai. Turut hadir dan bertindak sebagai narasumber acara ini adalah dua orang dari penulis buku ini yaitu Ir.Soeradji dan Dipl.HE, DR.Ir.Djaya Murni Warga Dalam, Dipl.HE.

Bedah Buku “Manajemen Pelaksanaan Bendungan Tipe Urugan” ini berlangsung cukup meriah. Hal ini terlihat dari banyaknya undangan yang hadir. Antusias para peserta terhadap acara ini juga sangat tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang ingin mengajukan pertanyaan terkait dengan manajemen pelaksanaan bendungan tipe urugan. Selain itu, para peserta bedah buku juga mengabadikan acara ini dengan ikut mengambil gambar saat mengikuti jalannya acara bedah buku.

Secara keseluruhan acara bedah buku ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Kegiatan bedah buku ini juga sangat meriah dan interaktif karena diselingi dengan candaan dan cerita mengenai pengalaman menarik dari narasumber. Dalam acara bedah buku ini narasumber membagi pengalamannya selama menulis buku tersebut. Di akhir acara ditutup dengan hiburan akustik denagn vokalis Gie dari Zorro Band.

Berbagi