Library Activity Series : Bedah Buku "Membangun Peradaban Kota"

Library Activity Series : Bedah Buku "Membangun Peradaban Kota"

Kegiatan Library Activity Series : Bedah Buku “Membangun Peradaban Kota” adalah sebuah kegiatan yang tidak terlalu asing dengan kegitan rutin yang diselenggarakan Perpustakaan Kementerian PUPR namun dengan sedikit perbedaan dalam konsepnya. Library Activity Series merupakan rangkaian kegiatan yang mengundang audiens dari dalam dan luar Kementerian untu berkunjung dan melakukan kegiatan di perpustakaan. Kegiatan apa? Tergantung dari audiens yang diundang. Kali ini Perpustakaan Kementerian PUPR menggundang Komunitas Kota Hijau untuk bersama membedah buku “Membangun Peradaban Kota”

Buku ini menyajikan 50 tulisan di dalamnya. Mengulas persoalan tentang dinamika perkembangan ibu kota; membanjirnya air, orang dan kendaraan; penyediaan hunian dan permukiman bagi warga kota; upaya revitalisasi pasar rakyat; serta arah perkembangan kota ramah infrastruktur gender, yang seluruhnya bertujuan untuk mewujudkan peradaban baru kota. Tentu saja hal ini erat kaitannya dengan salah satu bidang PUPR dan sangat menarik untuk dibahas.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu 15 Agustus 2018 dengan Nirwono Joga selaku penulis buku menjadi narasumbernya. Agar suasana lebih santai dan nyaman, maka berkonsep lesehan, dimana penyaji dan peserta duduk lesehan di karpet dengan tambahan layar untuk pemaparan. Karena keterbatasan ruangan, maka kegiatan bedah buku ini dibagi dalam dua sesi dengan kategori peserta yang berbeda. Untuk sesi pagi diperuntukkan bagi peserta dari kalangan wartawan, sedangkan sesi siang diperuntukkan bagi karyawan internal PUPR, komunitas, mahasiswa dan umum.

Sesi pagi dimulai dengan registrasi tepat pukul 08.00 dan acara dimulai pukul 09.00. Acara dipandu oleh MC dari Biro Komunikasi Publik. Pada sesi pagi dihadiri oleh 47 orang peserta yang didominasi oleh wartawan. Sesi pagi berakhir pada pukul 12.00 siang kemudian diakhiri dengan foto dan makan siang bersama. Sesi Siang dimulai pukul 13.00 dengan diawali dengan makan siang bersama. Peserta yang hadir pada sesi siang ini berjumlah 60 orang dengan beragam profesi dan latar belakang. Acara pun berakhir pada pukul 16.30. Secara keseluruhan, acara berjalan dengan lancar. Peserta terlihat antusias saat mengikuti pembahasan buku maupun pada sesi tanya jawab.

Secara total, bedah buku ini dihadiri oleh 107 peserta sesuai dengan yang tercantum pada daftar hadir, melebihi target peserta yang pada awal direncanakan berjumlah 100 peserta.

Berbagi