Library Activity Series : "SMP Adzkia Islamic School"

Library Activity Series : "SMP Adzkia Islamic School"

Pada Senin 25 November 2019, Perpustakaan Kementerian PUPR menyelenggarakan acara Library Activity Series : SMP Adzkia Islamic School. Library Activity Series merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Kementerian PUPR dalam bentuk kunjungan siswa-siswi ke Perpustakaan PUPR yang merupakan bagian dari peningkatan layanan Perpustakaan PUPR. Kunjungan perpustakaan adalah kegiatan dimana perpustakaan menjadi tuan rumah bagi peserta yang biasanya dari kalangan anak-anak usia belajar untuk mengajak anak-anak untuk belajar mengenai Infrastruktur PUPR. Banyak hal yang bisa dipelajari diantaranya tentang sejarah Kementerian PUPR, tugas serta fungsinya, manfaat pembangunan infrastruktur PUPR yang meliputi Sumber Daya Air, Jalan Jembatan, Perumahan dan Sarana Permukiman dan lain sebagainya. Semua pengetahuan tersebut diramu dalam berbagai kegiatan seperti putar film/video, kuis serta visitasi seputar Kampus Kementerian PUPR.

Acara ini dihadiri oleh 61 orang peserta dan 4 guru pendamping. Acara dimulai dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh perwakilan peserta dan sambutan dari Panitia. Materi kemudian disampaikan oleh Kasubag Perpustakaan selaku narasumber acara ini dan didampingi oleh MC. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, materi yang dibawakan antara lain mengenai profil Perpustakaan Kementerian PUPR, Bendungan, Jalan Tol, Pengolahan Sampah dan Pos Lintas Batas Negara. Sebagaian besar materi ini disampaikan dalam bentuk tayangan video dan pemaparan oleh narasumber. Dengan memperbanyak tayangan video, diharapkan peserta yang masih berusia remaja dapat lebih tertarik untuk menyimak dan memahami maksud dari materi yang disampaikan.

Setelah pemaparan materi, dibuka sesi tanya jawab dari peserta yang kemudian dilanjutkan dengan kuis berhadiah. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan dengan benar kemudian diberikan cinderamata berupa topi, kaos atau gantungan kunci. Selanjutnya, peserta diminta untuk menuliskan testimoni terhadap Perpustakaan dan Kementerian PUPR yang nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai feedback bagi Perpustakaan Kementerian PUPR. Doa, penutup dan foto bersama dilakukan setelahnya. Dan acara pun ditutup dengan makan siang bersama diiringi dengan hiburan akustik.

Berbagi