Normal Baru Perpustakaan Kementerian PUPR

Normal Baru Perpustakaan Kementerian PUPR

Disebutkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tepat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), New Normal atau Normal Baru adalah perubahan pola hidup yang harus dilakukan masyarakat dengan tatanan dan adaptasi kebiasaan yang baru agar dapat hidup produktif dan terhindar dari penularan COVID-19. Diharapkan masyarakat dapat mulai menjalani kehidupan sehari-hari dengan sedikit perubahan pola hidup yang disesuaikan dengan protokol  kesehatan. New Normal ini pun diharapkan bisa konsisten dilaksanakan di setiap aspek kehidupan masyarakat.

Bagaimana dengan perpustakaan? Tentu saja, sebagai salah satu lini pelayanan kepada publik turut serta dalam mematuhi protokol kesehatan di tatanan normal baru ini. Perpustakaan Kementerian PUPR sendiri juga berusaha menyesuaikan layanannya. sesuai dengan Surat Edaran Menteri PUPR No 06/SE/2020 tentang Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID 19) di Kementerian PUPR, kegiatan perkantoran dilaksanakan dengan jumlah pegawai minimum dan tetap mengutamakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga kegiatan layanan tatap muka Perpustakaan Kementerian PUPR juga dibatasi. Saat ini pengunjung yang bisa melakukan layanan tatap muka hanyalah kalangan internal Kementerian PUPR. Jangan khawatir, untuk pengunjung umum masih dapat mengajukan pertanyaan dan permintaan infromasi melalui email perpustakaan atau langsung mengunduh koleksi buku digital yang tersedia di website Perpustakaan PUPR.

Untuk pengunjung internal Kementerian PUPR sendiri diharapkan dapat mematuhi peraturan kunjungan perpustakaan dalam normal baru ini, seperti wajib menggunakan masker selama di perpustakaan, menggunakan cairan sanitasi yang disediakan di meja sirkulasi, tidak membawa makananan dan minuman serta menjaga jarak tiap pengunjung, dan lainnya. Buku tamu pengunjung tetap berjalan dengan format yang berbeda. Pengunjung dapat melakukan pemindaian kode bar yang ada di meja sirkulasi untuk kemudian masuk ke tautan buku tamu pengunjung. 5 orang beruntung yang mengisi buku tamu perpustakaan akan mendapatkan souvenir menarik dari Perpustakaan Kementerian PUPR.

 

Stay safe and stay positive!

Berbagi