Perpustakaan dan Pandemi COVID-19

Perpustakaan dan Pandemi COVID-19

Pandemi COVID 19 yang tengah melanda dunia sejak akhir tahun 2019 diakui memang telah mengubah kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Mulai dari perekonomian hingga pendidikan tidak ada yang sama lagi seperti sebelumnya. Perkantoran dipaksa untuk mengurangi aktivitas dan jumlah kehadiran hariannya. Sekolah diharuskan memindahkan seluruh kegiatan belajar mengajar ke ruang daring.

 

Bagaimana dengan perpustakaan? Apa imbasnya dari pandemi ini? Perpustakaan sendiri harus membatasi hingga pada kondisi tertentu menutup layanan tatap mukanya guna ikut berkontribusi dengan pembatasan interaksi sosial. Padahal sebelumnya, perpustakaan sedang gencar-gencarnya menarik pengunjung untuk datang dan tidak melupakan perpustakaan sebagai suatu sumber informasi dan community center. Hal ini tentu membuat perpustakaan bisa saja “makin terlupakan” eksistensinya.

 

Ada satu peran besar yang seharusnya bisa diambil perpustakaan di tengah masa pandemi yang menyulitkan banyak pihak ini. Di saat banyak pihak kehilangan pekerjaan karena efisiensi yang dilakukan di banyak perusahaan, anak-anak usia sekolah yang terpaksa banyak berkegiatan di rumah, perpustakaan bisa masuk ke banyak kalangan tersebut untuk membangun literasi. Literasi tidak melulu diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk membaca. Lebih jauh lagi, literasi dianggap sebagai kemampuan seseorang untuk menerima informasi, memahaminya dan kemudian dapat mengaplikasikan informasi tersebut dalam kehidupan sehari-harinya yang menjadikan nilai tambah pada setiap individu.

 

Perpustakaan diharapkan dapat menjadi wadah bagi semua kalangan untuk mencari segala informasi yang kredibel. Mulai dari ilmu yang dapat langsung diaplikasikan dan menjadi mata pencaharian hingga hiburan bagi anak-anak yang mulai sedikit banyak terjebak dalam game dan aplikasi sosial media lainnya. Perpustakaan Kementerian PUPR sendiri tengah terus berkembang menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Sejumlah koleksi internal bidang infrastruktur terus ditambah ke dalam bentuk digital agar dapat diakses oleh pengguna dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya diakses, koleksi yang sudah didigitalkan sudah dapat diunduh dan disimpan oleh pengguna secara bebas. Untuk melihat koleksi digital kami, pengguna dapat mengunjungi laman https://pustaka.pu.go.id/biblio?koleksi=digital.

 

Perpustakaan Kementerian PUPR juga membuka layanan penelusuran informasi secara online. Permintaan dapat diajukan dengan melayangkan surat elektronik ke alamat perpustakaanpupr@gmail.com dan pustakawan kami dengan senang hati akan membantu kebutuhan informasi yang dikehendaki.      

Berbagi