Perpustakaan Kementerian PUPR dalam Acara IIBF

Perpustakaan Kementerian PUPR dalam Acara IIBF

Perpustakaan Kementerian PUPR ikut berpartisipasi dalam acara Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018 yang diselenggarakan di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Acara yang berlangsung selama tanggal 12-19 September 2018 ini diikuti oleh banyak Perpustakaan Kementerian/Lembaga lain, penerbit dari seluruh Indonesia dan tidak ketinggalan beberapa penerbit dari luar negeri.

 

Terdapat 8 buku kuno koleksi kebanggaan Perpustakaan Kementerian PUPR dan 2 buku karya Menteri PUPR, Bapak Basuki Hadimuljono yang dipamerkan di booth yang didekorasi ala rumah adat Betawi ini. Buku kuno yang dipamerkan tersebut bercerita tentang referensi teknik, laporan pembangunan infrastruktur Indonesia masa itu, seperti industri mesin uap di Surabaya, kereta api di Semarang, pasokan air minum di Batavia, dan curah hujan di Jawa.

Jangan lupa juga tentang 2 buku infrastruktur yang tidak kalah menarik yang menjadi buah karya Menteri PUPR. Buku pertama berjudul “Membangun Infrastruktur dari Pinggiran” yang diterbitkan pada tahun 2016 berisi tentang pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan membangun infrastruktur yang berkeadilan sehingga mengurangi kesenjangan antar wilayah sebagai salah satu butir Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Buku kedua berjudul “Mengejar Ketertinggalan Infrastruktur” yang diterbitkan pada tahun 2018 ini membahas pencapaian pembangunan infrastruktur yang bukan hanya pembangunan fisik untuk pengembangan wilayah, tetapi juga kegiatan pembangunan yang efektif untuk meningkatkan daya saing produk nasional sehingga mendukung penciptaan lapangan kerja, dan mengurangi kemiskinan.

Booth Perpustakaan Kementerian PUPR menyediakan beberapa properti yang menarik bagi pengunjung booth yang datang dan hendak berfoto. Ada sepeda onthel yang eye catching hingga pintu rumah adat Betawi yang menyerupai aslinya. Acara yang mengusung tema “Creative Works Towards Literacy” ini semakin menarik dengan digelarnya bazar buku murah dari berbagai penerbit dalam dan luar negeri. Jenis buku yang dijual juga sangat beragam dari mulai buku balita dan anak hingga buku mengenai berbagai macam hobi.

Berbagi