Studi Magang / Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Perpustakaan Kementerian PUPR

Studi Magang / Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Perpustakaan Kementerian PUPR

Perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kerap kali menjadi tujuan studi magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan dari seluruh Universitas di Indonesia. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang dalam satu kelompok terdiri dari 2 – 3 orang untuk ikut melakukan segala pekerjaan yang berkaitan dengan bidang kepustakawanan. Lama kegiatan studi magang atau PKL ini berbeda-beda setiap kelompoknya yang biasanya dalam rentang 1 – 3 bulan tergantung dari ketentuan Universitas masing-masing. Tujuan dari kegiatan ini bagi mahasiswa biasanya merupakan syarat lulus mata kuliah tertentu.

Mahasiswa yang melakukan studi magang / PKL hendaknya sudah memasuki semester 5 atau yang telah lulus mata kuliah Klasifikasi/Katalogisasi. Hal ini sangat penting karena terkait erat dengan tugas yang dikerjakan selama melakukan kegiatan tersebut. Mahasiswa studi magang / PKL di Perpustakaan Kementerian PUPR akan diberikan kesempatan untuk dapat melakukan sebanyak mungkin kegiatan yang berkaitan dengan tugas dan aktivitas pustakawan secara langsung agar dapat membawa pulang pengalaman sebanyak mungkin. Kegiatan tersebut antara lain : melakukan layanan sirkulasi; shelving koleksi perpustakaan; klasifikasi bahan pustaka baru; membuat resensi bahan pustaka baru; input data bahan pustaka baru, dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan pula, jika waktu yang bertepatan, mahasiwa akan diajak terlibat langsung dalam kegiatan promosi Perpustakaan Kementerian PUPR seperti bedah buku dan library activity series.

Namun, mengingat masa Pandemi COVID-19 yang belum juga selesai di negeri ini, kegiatan studi magang / PKL ini pun juga mengalami pembatasan. Sesuai dengan Surat Edaran Menteri PUPR No 06/SE/2020 tentang Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID 19) di Kementerian PUPR, yang menyebutkan bahwa kegiatan perkantoran dilaksanakan dengan jumlah pegawai minimum dan tetap mengutamakan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 sehingga kegiatan layanan tatap muka Perpustakaan Kementerian PUPR juga ditutup untuk sementara waktu. Oleh karena itu, kegiatan studi magang / PKL juga sementara ditiadakan hingga pemberitahuan lebih lanjut sesudah masa darurat wabah COVID 19 dicabut oleh BNPB.   

Untuk informasi lebih lanjut mengenai studi magang / PKL di Perpustakaan Kementerian PUPR dapat melayangkan surat elektronik melalui email : perpustakaanpupr@gmail.com atau dengan menghubungi (021) 7248932. Semoga pandemi ini segera berlalu sehingga kita semua dapat berkarya dan belajar bersama-sama Kembali.

Berbagi