Webinar Bedah Buku 75 Bendungan

Webinar Bedah Buku 75 Bendungan

Sesuai dengan amanat Bapak Presiden Joko Widodo, pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia adalah merupakan ikhtiar pemerintah untuk mewujudkan sila kelima Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangungan infrastruktur bertujuan untuk memperbaiki indeks logistik, meningkatkan daya saing, dan pemerataan pembangunan. Pembangunan infrastruktur tetap akan menjadi prioritas pemerintah sebagai upaya pemerataan pembangunan.

Buku “75 Infrastruktur Bendungan” hadir untuk menyampaikan pembangunan infrastruktur bendungan terpilih kepada masyarakat Indonesia. Buku ini juga menjadi sarana rekam jejak informasi terkait keseriusan Kementerian PUPR dalam melaksanakan amanat pembangunan infrastruktur. Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia 2021, Perpustakaan Kementerian PUPR menggelar acara “Webinar Bedah Buku 75 Bendungan”.

Acara ini dilaksanakan pada Kamis, 8 April 2021 secara daring (online) melalui aplikasi Zoom, live streaming di Youtube PUPR dan Suara.com.  Narasumber yang hadir dan membahas buku ini antara lain: Airlangga Mardjono (Direktur Bendungan dan Danau, Ditjen Sumber Daya Air); Nirwono Joga (Pemerhati Tata Kota sekaligus Tim Penulis Buku); serta Djaka Susila (Praktisi Media – Pimred Koran SINDO & SINDOnews.com).  Acara ini dihadiri oleh 262 peserta yang terdaftar dalam aplikasi Zoom dan ribuan yang terlihat mengikuti live streaming.

Acara ini dibuka oleh Bapak Krisno Yuwono, selaku Kepala Biro Komunikasi Publik yang menyampaikan harapannya terhadap buku serta acara webinar bedah buku ini agar dapat menambahkan pengetahuan baru tentang infrastruktur PUPR khususnya bendungan tidak hanya pada kalangan yang berkecimpung di bidangnya tapi lebih luas lagi sampai masyarakat awam. Bertindak sebagai host pada acara ini adalah Aprilia Putri seorang Praktisi Media, Host INews, Producer and Host Talk Show Program “Indonesia Bicara” at MNC News channel.

Banyak hal menarik yang disampaikan dari berbagai sudut padang oleh narasumber pada acara ini. Airlangga Mardjono dari Kementerian PUPR membahas mengenai mendungan secara umum, mulai dari pengertian, manfaat, eksistensi bendungan saat ini, target, hingga cerita-cerita menarik dibalik pembangunan sebuah bendungan.  Nirwono Joga selaku penulis buku mencoba menjelaskan pembangunan bendungan. Tak kenal maka tak sayang, Nirwono Joga berusaha mengedukasi masyarakat tentang bendungan dari bahasa yang sederhana supaya kita bisa sama-sama merawat infrastruktur yang telah terbagun dan penting bagi kita semua.

Sebagai seorang praktisi media, Djaka Susila menganggap hadirnya buku ini sebagai salah satu sarana dokumentasi terhadap peradaban manusia Indonesia. Pelestarian informasi terkait infratsruktur bendungan untuk diwariskan ke generasi selanjutnya di masa mendatang dirasa sangat perlu dan dihargai sekali  oleh pihak media. Beberapa peserta terlihat mengajukan pertanyaan seputar buku ini dan pembangunan infrastruktur secara umum melalui apliksi Zoom dan kolom chat di kanal Youtube.  Acara ditutup dengan closing statement dari seluruh narasumber.

Berbagi