
Pengkajian kinerja perkerasan lentus untuk lalu lintas berat
Pengarang
salim mahmud
Penerbit
Puslitbang Jalan dan Jembatan
Tahun
1998
Sebagai upaya mencari altematif cara perencanaan perkerasan lentur di Indonesia, Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan telah melakukan penelitian perencanaan tebal lentur berdasarkan pendekatan analitis, dengan tujuan: (1) Membuat hubungan antara jumlah repitisi beban lalu-lintas dengan regangan pada tanah dasar yang memenuhi kriteria deformasi. (2) Membuat hubungan antara jumlah repitisi beban. lalu-lintas dengan regangan pada dasar lapisan aspal yang memenuhi kriteria retak. Penelitian dilakukan melalui penyelidikan lapangan mengenai kejadian alur dan retak dan selanjutnya mengaitkannya dengan jumlah lalu-lintas, kekuatan tanah dasar, sifat-sifat dan tebal lapis perkerasan serta kekuatan perkerasan keseluruhan. Dalam hal ini, perkerasan dinyatakan dengan nilai lendutan berdasarkan hasil pengukuran Falling Weight Deflectometer (FWD). Dari hasil penelitian diketahui bahwa kejadian alur dan retak umumnya bukan kerusakan struktural, dimana alur yang sering kali disertai dengan pelelehan (plastic flow) sehingga dari kejadian alur tersebut sulit memisahkan besamya alur akibat deformasi tanah dasar. Pengamatan contoh inti (cores) yang diambil dari bagian-bagian perkerasan yang mengalami retak menunjukkan bahwa hampir seluruh ke.iadian retak dimulai bukan dari dasar lapisan beraspal, tetapi dimulai dari lapis permukaan. Kejadian retak ini tidaksesuai dengan pendekatan yang diikuti dimana retak dimulai dari bagian bawah lapis beraspal.
scan untuk baca online
bagikan:
Judul | Pengkajian kinerja perkerasan lentus untuk lalu lintas berat |
Penulis | salim mahmud |
Penerbit | Puslitbang Jalan dan Jembatan |
Tahun Terbit | 1998 |
Lokasi Penerbitan | Bandung |
ISBN | — |
Kode Pustaka | — |
Kode Panggil | — |
Kode Klasifikasi | — |
Bahasa | — |
Lokasi Simpan | Perpustakaan PUPR |
Kolasi | — |
Judul Seri | — |
Edisi | — |
Sumber | — |
Subyek |
Masuk atau daftar untuk menulis komentar