Workshop Perpustakaan Kementerian PUPR 2022

Workshop Perpustakaan Kementerian PUPR 2022

Workshop Perpustakaan Kementerian PUPR 2022

Setelah 2 tahun sempat terhenti dikarenakan pandemi Covid-19, Perpustakaan Kementerian PUPR kembali menyelenggarakan acara “Workshop Perpustakaan Kementerian PUPR” pada tanggal 7-9 September 2022 kemarin. Kegiatan Workshop yang telah dilakukan sejak tahun 2006 ini bertujuan untuk memperkaya khasanah, pengetahuan serta kompetensi para pustakawan dan tenaga pengelola perpustakaan di lingkungan Kementerian PUPR. Workshop ini dihadiri oleh 50 peserta secara offline di Kota Bandung, Jawa Barat.

Acara dibuka oleh Kepala Bagian Pelaporan Pimpinan dan Pembinaan Pelayanan Publik, Biro Komunikasi Publik, Muhammad Danial, yang dalam sambutannya mengingatkan kepada peserta agar tidak terjebak pada paradigma workshop hanya untuk menambah ilmu atau menambah angka kredit. Akan tetapi, yang terutama adalah hasil akhirnya yaitu berorientasi pada pelayanan publik atau dalam hal ini pelayanan pemustaka. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari para narasumber yang ahli dibidangnya. Terdapat lima materi yang dibahas dalam Workshop Perpustakaan Kementerian PUPR.

Materi pertama dalam workshop ini adalah Pengelolaan Bahan Pustaka sebagai BMN yang dipaparkan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III, Rudi Adityo Wicaksono . Beliau menyampaikan pentingnya pengelolaan bahan pustaka yang merupakan salah satu aset Barang Milik Negara (BMN) serta mengajarkan cara melakukan kegiatan pencatatan dan penghapusan bahan pustaka tersebut.

Materi kedua, Angka Kredit Pustakawan. Dibawakan oleh Sadarta dari Pusat Pembinaan Pustakawan Perpustakaan Nasional   Beliau membantu para peserta jafung pustakawan yang belum dapat mengisi DUPAK Pustakawan secara baik dan benar. Selain itu, Sidarta juga mengajak tenaga pengelola perpustakaan untuk menjadi jabatan fungsional pustakawan.

Materi Ketiga, Klasifikasi di Perpustakaan, dibawakan oleh Dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia, Kiki Fauziah. Beliau memaparkan langkah-langkah proses klasifikasi yang sesuai dengan kaidah ilmu perpustakaan beserta tips-tips mudah dalam menentukan nomor panggil bahan pustaka agar proses temu kembali koleksi perpustakaan menjadi mudah.

Materi Keempat adalah Materi Pengelolaan dan Publikasi Konten Lokal di Perpustakaan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Kementerian Pertanian. Gunawan, S.P., M.Si. Beliau memaparkan cara mengumpulkan dan mempublikasikan materi perpustakaan pada event Kementerian sekaligus memotivasi pustakawan dan pengelola perpustakaan untuk melanjutkan keterlibatan dalam kegiatan inovatif dan proaktif dalam mempublikasikan konten perpustakaan pada event-event Kementerian lainnya.

Materi terakhir dalam acara Workshop ini adalah Integrasi aplikasi Perpustakaan. Pada sesi ini, para peserta dibimbing oleh Konsultan IT, Andar Harsono untuk langsung mempraktekan aplikasi Slims Perpustakaan. Di era teknologi yang terus berkembang dengan pesat seperti sekarang, perpustakaan digital kini menjadi keharusan di berbagai perpustakaan terutama perpustakaan pada tingkat Kementerian.

Workshop ditutup dengan evaluasi dan koordinasi pengelolaan dan publikasi perpustakaan. Diharapkan dengan adanya kegiatan workshop ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola perpustakaan agar mampu menyelenggarakan pelayanan perpustakaan secara lebih baik lagi.

Berbagi

bagikan: