My Public Speaking

My Public Speaking

Hilbram Dunar

Judul buku       :  My Public Speaking
Pengarang       :  Hilbram Dunar
Penerbit           :  Gramedia Pustaka Utama
Kolasi               :  vii-180 hal. : Ilus, gambar berwarna. ; 14,5 X 21 cm
 
Buku ini tidak hanya memberikan ilmu dan tips umum seperti yang buku public speaking umumnya berikan. Namun, buku ini juga menceritakan perjalanan karier Hilbram Dunar selama dua belas tahun menjadi seorang pembicara. Buku ini juga mengajarkan bagaimana kita dapat berbicara dengan baik tanpa mengubah diri kita menjadi orang lain. Serta terdapat tips kusus tentang bagaimana Dunar menghadapi dan menyelesaikan kekhawatiran ketika sedang tampil di depan banyak orang. Seperti mengawal seminar, menjual suatu produk, atau menginformasikan berita.
 
Banyak hal baru yang diperkenalkan Dunar dalam buku ini yang dapat membantu kita dalam mengatasi permasalahan ketika akan tampil di depan umum, atau setidaknya memberikan kita gambaran tentang cara yang dilakukan oleh Public Speaker ketika menghadapi permasalahan mereka masing-masing. Berbicara di depan umum bukan hanya sekadar berdiri di depan orang, kemudian berbicara melalui microphone. Tetapi kita harus mampu membuat semua orang mendengar, percaya, kemudian melakukan apa yang kita inginkan. Memang Public Speaking ini bisa cukup gampang dilakukan bagi orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Namun hal penting yang harus diingat bahwa kita tidak hanya harus berbicara, namun juga mengajak orang lain untuk mempercayai dan melakukan apa yang kita bicarakan.
 
Buku ini memiliki keistimewaan dibanding dengan buku lainnya, karena buku ini ditulis berdasarkan pengalaman Dunar sendiri. Bahasa yang digunakan Dunar dalam bukunya ini sangat sederhana dan menyenangkan. Sangat mudah dipahami oleh pemula. Gaya penyampaian yang asyik mampu membuat pembaca selalu tertarik untuk membacanya hingga akhir. Tidak terlalu banyak teori, Dunar menyampaikannya dengan pasti berdasarkan pengalamannya dan yang pasti dialami banyak orang yang berbicara di depan umum. Solusi yang diberikan juga logis, serta mudah diterapkan, tidak terlalu ribet.
 
Dibandingkan dengan buku speaking lainnya, buku ini tentu lebih baik. Baik dalam segi tampilannya maupun bahasa dan muatan yang disampaikan. Tampilan buku ini sangat menarik dan tidak membosankan, disertai dengan gambar- gambar sehingga tidak membuat pembaca jenuh. Bahasanya yang santai dan asyik ini membuat orang yang membacanya serasa bercakap langsung dengan pengarang. Tidak seperti kebanyakan buku speaking yang terlalu formal bahasanya dan sulit untuk dipahami. Hal lain yang menarik sekaligus menjadi kelebihan dari buku ini adalah di akhir bab, Dunar menyampaikan pula tentang “ Berkarier Dalam Dunia Hiburan”. Tentu ini sangat membantu bagi pemula yang ingin melebarkan sayapnya untuk berkiprah di dunia hiburan. Mengingat Dunar telah memiliki banyak pengalaman dalam hal berbicara di depan umum yang telah dibuktikan dalam pengalamannya itu, tentu saja kita tidak perlu ragu untuk mencoba meniru tips dari Dunar tersebut.
 
Selain dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam berbicara di depan umum, buku ini juga berguna bagi kita yang ingin mempunyai keterampilan berbicara yang baik di depan umum.


Berbagi

bagikan: